Welcome to my world. Be nice here. Thank you. +Follow | Dashboard
LIFE, DREAM, ACTION



freebies



your freebies
blablabla



UZBEKISTAN
Selasa, 21 Desember 2010 | 10.07 | 0 comments
UZBEKISTAN
Negri Jalan Sutera

Negeri yang terkunci
            Uzbekistan adalah sebuah negeri yg terkunci. Maksudnya Uzbekistan adalah negeri kecil yg terletak di tengah-tenagh benua Asia yg sangat luas. Uzbekistan dikelilingi Negara” besar seperti Rusia, Cina, Iran, dan Turki. Orang harus melewati Negara besar tersebut untuk mencapai Uzbekistan. Padahal, izin untuk berkunjung ke Negara besar itu sangat susah. Apalagi, Negara Uzbekistan juga dikelilingi padang pasir dan pegununugan. Wah, ornag jadi sulit berkunjung ke Uzbekistan.

Madrasah termegah
            Samarkand adalah kota yg sangat mewah pada tahun 1400-an. Saat itu Samarkandjadi pusat ilmu pengetahuan dunia. Di kota Samarkand berdiri sekolah/madrasah paling indah di dunia. Gedung madrasah Samarkand sangat megah. Dihiasi keramik mengkilat bergambar bintang-bintang gemerlap. Orang-orang pintar mengajar di Samarkand. Misalnya, ahli agama Islam Al Bukhoiry,ahli pengobatan Ibnu Sina, ahli matematika Al Khorazmiy, dan penyair Umar Kayam. Kenapa Samarkand jadi pusat pengetahuan pada jaman itu? Karena pemimpin Samarkand adalah orang yg mencintai ilmu pengetahuan. Nama pemimpin itu Mirza Ulugh Bek.

Pedagang jalan sutera
            Uzbekistan adalah negri penting pada jaman dulu. Usia negri Uzbekistan setua negri Yunani., Persia/Babilonia. Kota paling tua di Uzbekistan adalah kota Bikhara dan Samarkand.
            Pada waktu itu Samarkand adalah tempat singgah pedagang. Pedagang dari Cina membawa sutera, porselin, dan rempah-rempah untuk dijula ke Arab dan Eropa. Pedagang Arab membawa emas, gading, dan karpet untuk dijual ke Cina.
             Perjalanan para pedagang sangat jauh dan berbahaya. Pedagang harus melewati padang pasair yg luas, pegunugnan dan kawanan perampok. Hmmm, karena itu pedagang lega jka sampai di Samarkand. Di Samarkand pedagang dapar beristirahat.
            Uzbekistan mendapat julukan negri jalan sutera selama ribuan tahun. Artinya, negri yg dilalui pedagang sutera. Jalan sutera lenyap setelah pedagang Eropa memakai jalan laut untuk mendapat sutera dan rempah-rempah. Akibatnya, Uzbekistan jadi Negara miskin.

Obsevaturium terbesar di dunia
            Legenda U8lugh Bek memukau dunia sampai saat ini. Ulugh Bek membuat gedung pengamatan bintang terbesar di dunia. Gedung itu berupa busur derajat setinggi 40 meter.
            Konon, ilmuwan–ilmuwan di Samarkand tidak pernah mengangkat kepalanya dari buku. Para ilmuwan jarang keluar rumah. Mereka sibuk belajar dan meneliti. Hasilnya, Ulugh Bek dan ilmuwannya mencatat lokasi 1022 bintang dengan sangat tepat. Pada jaman itu table bintang berguna untuk petunjuk arah bagi para pedagang sutera. Yaps, peta bintang dibutuhkan saat pedagang berjalan di padang pasir. Ssst, ketepatan table bintang Ulugh Bek tidak kalah dengan table bintnag modern. Padahal Ulugh Bek mengamati bintnag hanya dengan mata telanjang, lo. Tanpa teleskop dan computer.

Kapas dan roti piring
            Penduduk Uzbekistan banyak bertani kapas. Penduduk juga masih naik keledai saat berpergian. Saat santai, orang Uzbekistan suka duduk-duduk minum teh di kedai teh. Penduduk menanam gandum untuk makanan sehari-hari. Dari gandum dibuat roti besar, bulat seperti piring. Roti piring ini disebut tandyr.

Tradisi larangan
            Uzbekistan terdiri dari berbagai suku bangsa. Bahasa yang dipakai di Uzbekistan bermacam-macam. Namun, bahasa nasional di Uzbekistan adalah bahasa Rusia. Yaps, Uzbekistan sempat menjadi bagian Negara Rusia sebelum merdeka tahun 1991.
            Sampai sekarang, tradisi kuno masih berlangsung di Uzbekistan. Misalnya, orang Uzbekistan melepas sepatu jika masuk rumah. Orang Uzbekistan percaya orang harus melihat matahari terbit agar beruntung. Orang Uzbekistan tidak menaruh roti di lantai agar tidak sial. Orang Uzbekistan juga percaya jika telinga seseorang merah, berarti orang itu sedang dibicarakan orang lain.

Label:


Older Post | Newer Post