Welcome to my world. Be nice here. Thank you. +Follow | Dashboard
LIFE, DREAM, ACTION



freebies



your freebies
blablabla



Sahabat Dalam Kehidupan
Kamis, 05 September 2013 | 21.37 | 0 comments
”Satu orang musuh terasa begitu banyak tetapi seribu orang teman terasa begitu sedikit.  Namun seribu orang teman dapat di wakilkan oleh satu orang sahabat” demikian kata pepatah.

Setiap orang pasti memiliki teman. Karena manusia merupakan makhluk sosial dan tidak dapat hidup tanpa orang lain. Namun rasanya memiliki teman saja tidak cukup. Manusia pasti memerlukan hubungan yang lebih intim selain keluarga dan pasangan hidup. Salah satunya adalah sahabat. Sahabat adalah orang yang dapat memahami segala keadaan kita dan ada di setiap momen penting kehidupan kita. Baik suka maupun duka. Namun apakah mudah menemukan sahabat yang sesuai dengan kepribadian kita? Seringkali kita mendengar permasalahan remaja pada umumnya tentang persahabatan. Seperti dimusuhi sahabat, dihianatin sahabat, ditinggalkan sahabat, dan masih banyak lagi. Untuk itu kita perlu menemukan sahabat yang tepat.

Untuk menemukan sahabat dalam sebuah proses pertemanan memerlukan waktu yang cukup panjang. Karena setiap orang perlu memahami karakter masing-masing terlebih dahulu. Setelah merasa cocok barulah mereka menjalin persahabatan. Namun dalam segala tindakan pasti ada suka dan dukanya. disitulah sahabat bertindak. Mau membantu mengambil keputusan dan ikut senang saat sesuatu berjalan dengan baik. Namun juga akan ikut sedih dan menghibur saat sahabatnya berada dalam situasi yang tidak diharapkan.

Setelah kita mengenal seseorang dengan baik dan menganggapnya sahabat, maka penting bagi kita untuk menaruh kepercayaan dan menebar kasih sayang yang tulus padanya. Agar Ia juga merasa aman dan nyaman berada di dekat kita.
“Seorang sahabat tidak sekadar menentramkan jiwa,tetapi persahabatan juga meningkatkan kesehatan mental,” demikian menurut Shelley Taylor, Ph.D dari Universitas California, AS

Sahabat juga berperan penting dalam perkembang kedewasaan seseorang. Agar kita dapat belajar bersosialisasi dengan orang lain, memahami berbagai macam karakter, berbagi keluh kesan, saling memotivasi, dan yang paling penting agar selalu ada seseorang di saat suka maupun duka.

Kita juga dapat bertingkah laku bebas di depan sahabat. Karena mereka tidak akan mencemooh dan menertawakan kita. Kita dapat tertawa,sedih,marah dan menangis bersama orang yang benar-benar kita percayai. Untuk itu penting bagi kita untuk menjaga perasaan dan bertingkah-laku dengan saling menghormati sekalipun di depan sahabat kita sendiri.

Menurut saya, penting bagi kita untuk terbuka bersama sahabat. Karena kita akan merasa dihargai saat dipercaya menyimpan suatu rahasia. Namun setiap orang pasti memiliki batasan privasi. Sehingga kita dapat terbuka sesuai batasnya. Tetapi saat kita sudah dipercayai sesuatu, penting bagi kita untuk menjaganya dan tidak mengumbar pada orang lain. Karena itu merupakan sebuah tanggung jawab dari orang kepercayaan kita.

Lalu bagaimana cara menghindari permasalahan dalam persahabatan? Kunci pertama adalah saling percaya dan mengutamakan segala hal untuk kepentingan bersama. Sehingga tidak akan terjadi persaingan yang tidak sehat. Misalnya memperebutan pacar, rebutan pakaian dengan model terbaru, ingin bersaing menjadi yang paling eksis di sekolah, dll. Karena persaingan seperti itu hanya akan merusak persahabatan yang telah dibina lama.

Dan saat sudah terjadi permasalahan dalam persahabatan, perlu untuk segera diselesaikan dengan kepala dingin. Karena jika masih diselesaikan dengan hati panas, permasalahan agar segera membesar dan semakin beresiko rusaknya hubungan persahabatan.

Saya sendiri merupakan tipe orang yang sulit percaya dengan orang lain. Sehingga tidak mudah bagi saya untuk menemukan sahabat yang benar-benar cocok dengan kepribadian saya. Namun jika saya sudah menemukan, maka semua hal akan saya buka dengan sahabat saya. Karena penting untuk megetahui satu sama lain. Agar tidak terjadi salah paham yang dapat berakibat fatal.

Untuk itu marilah kita menjaga hubungan persahabatan kita. Karena dengan adanya sahabat, kita dapat melalui hari-hari dengan lebih berwarna dan harmonis. Sehingga kehidupan sosial kita akan semakin indah karena kita telah belajar berhubungan baik dengan orang lain

Older Post | Newer Post